Home » » Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Indera Pendengaran (Telinga)

Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Indera Pendengaran (Telinga)

Kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan, kebersihan badan juga harus benar- benar diperhatikan terutama kebersihan telinga. Telinga merupakan indera pendengar kita yang sangat vital dan sensitive. Kebersihan telinga juga harus benar- benar baik tanpa melukai atau sembarangan. Mengkorek telinga menggunakan alat- alat di pasaran sebenarnya kurang baik karena dapat menyebabkan infeksi pada telinga, kotoran dapat masuk kedalam karena terlalu dalam mengkoreknya dan juga penggunaan alat- alat pembersih telinga yang asal- asalan dapat memecahkan gendang telinga.



Tips membersihkan telinga sebenarnya sangat mudah yaitu pada saat kita mengunyah makanan sebenarnya kotoran yang dalam telinga biasanya akan keluar dengan sendirinya. Jadi dalam makan sebaiknya kita harus sebanyak mungkin dalam mengunyah makanan. Kebersihan telinga untuk tetap sehat sebaiknya kita harus memeriksakan ke dokter THT setiap 6 bulan sekali.

Pada saat kita mandi atau keramas kadang- kadang telinga kita kemasukan air sehingga pendengaran berkurang, tips untuk mengatasi ini adalah dengan melompat- lompat agar air yang ada di telinga bisa keluar. Jangan lakukan memasukan air kembali dalam telinga karena memasukan air ke dalam telinga akan menyebabkan infeksi jika air yang di masukan lagi tidak steril atau bersih. Sebenarnya air yang masuk ke dalam telinga tidak akan selamanya di telinga atau mengendap karena terhalang oleh gendang telinga. Dan yang paling penting dalam menjaga indera telinga adalah makan-makanan yang tidak merusak telinga yaitu dengan makan atau sering minum- minuman yang dingin yang dapat menyebabkan gangguan di hidung dan menyebabkan komplikasi dalam telinga, karena hidung dengan telinga masih dalam satu jalur.
Share this article :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Nulis Berita - All Rights Reserved
Template Created Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger