Home » » Cara Menggunaan Earphone Secara Baik dan Benar

Cara Menggunaan Earphone Secara Baik dan Benar

Bagi anak muda penggunaan alat earphone merupakan tidak asing lagi, banyak ditemukan anak- anak muda menggunakan earphone untuk mendengarkan music dan bahkan telephone. Penggunaan earphone bagi anak muda juga banyak sekali ditemukan di jalan, terminal, stasiun, kampus dan masih banyak lagi. Sebenarnya manfaat penggunaan earphone sangat bagus, tetapi jika terlalu sering menggunakan earphone, telinga akan bermasalah. Penggunaan earphone juga harus benar- benar diperhatikan, karena seandainya kita menggunakan earphone terlalu keras bisa mengakibatkan gangguan pada pendengaran.



Bagi anda yang sering menggunakan earphone sebaiknya diperhatikan, menurut ahli kedokteran THT suara yang keras dan kapan bisa membahayakan pendengaran yaitu dengan dibagi 3 perihal yaitu periode, frekuensi dan intensitas. Periode adalah ukuran lamanya penggunaan earphone, frekuensi adalah ukuran besar kecilnya suara bagi suara yang normal sekitar 20- 20.000hz, intensitas adalah batasan lamanya pada saat mendengar yaitu pada saat mendengarkan suara yang keras, batasan waktu harus sedikit atau tidak lama. Semua nya ini merupakan standar supaya dalam penggunaan earphone menjadi aman.

Selain penggunaan earphone yang berlebihan volume suaranya, tetapi polusi suara bising juga bisa mengakibatkan gangguan pendengaran seperti suara keras musik konser, pada saat macet suara klakson dimana- mana, dan lain- lain. Berikut ini merupakan tips atau langkah untuk mengurangi kebisingan yang dapat mengakibatkan gangguan pendengaran yaitu bagi orang yang tinggal di daerah metropolitan dengan tingkat kebisingan yang tinggi yaitu dengan menggunakan alat sumbat telinga.

Efek dari penggunaan earphone yang suara terlalu keras bisa mengakibatkan kerusakan pendengaran secara temporary dan permanen. Untuk kerusakan pendengaran temporary bisa diobati atau dalam waktu berapa jam bisa normal kembali. Tetapi bagi efek penggunaan earphone yang terlalu lama dan bising yang kerusakan pendengaran permanen tidak bisa di sembuhkan karena kerusakan sel syaraf- syaraf. Tips penggunaan earphone yaitu gunakan earphone tidak lebih dari 2 jam perhari, jangan menggunakan earphone ditempat yang ramai, dalam menggunakan earphone jangan ,menggunakan volume yang tinggi, dan jangan menyebrang di jalan menggunakan earphone,
Share this article :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Nulis Berita - All Rights Reserved
Template Created Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger